Tahun Baru Imlek 2015 : Pengaruh Arsitektur Cina di Indonesia

Masjid Agung Palembang

Hari ini merupakan hari Raya Tahun Baru Imlek 2015 merupakan “Tahun Baru Imlek ke 2566” untuk semua orang ‘Tiongoha’ dan Hari Libur Nasional yang terdapat di Kalender Indonesia Februari 2015. *Tahun Baru Imlek* adalah Hari perayaan terpenting bagi orang Tionghoa (Cina).

Berbicara Cina, Cina banyak memberikan pengaruhnya terhadap perkembangan arsitektur di Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena banyak dari pedagang dari Cina yang bermukim di Indonesia, bahkan mereka membuat sebuah pemukiman khusus masyarakat Cina, dimana tentu saja keseluruhan arsitekturnya memiliki gaya arsitektur Cina. Hanya saja arsitektur ini telah mengalami proses-proses adaptasi dan asimilasi dengan budaya, iklim, sumber daya alam (material) dan Sumber daya manusia (ilmu pengetahuan) dari Indonesia yang menghasilkan arsitektur percampuran antara Cina dan Indonesia.

Pemukiman Pecinan masyarakat Cina di Jakarta, 1930an

Selain itu eklektisme atau arsitektur hibrida juga banyak terjadi disebabkan oleh percampuran ini. Banyak arsitektur nusantara yang mengambil beberapa elemen-elemen yang dianggap baik dari arsitektur Cina. Berikut salah satu contoh bangunan yang merupakan asimilasi dan hibridisasi antara arsitektur Cina, Indonesia dan beberapa arsitektur lainnya.

Rumah bergaya arsitektur cina

Gambar diatas menunjukkan arsitektur percampuran antara arsitektur tradisional Indonesia dan Cina. Elemen arsitektur Cina dapat terlihat pada atap yang dipergunakan. Elemen-elemen arsitektur Cina juga dipergunakan pada masjid, seperti yang terlihat pada masjid pada gambar diatas yang merupakan percampuran antara arsitektur tradisional dan arsitektur Cina. Elemen arsitektur Cina jelas terlihat pada bentuk dan ornamen atap, serta bentuk menara di depan masjid yang terlihat seperti pagoda.

Akhir dari tulisan yang kami susun ini, kami segenap pimpinan dan Staff ARSITEKTUR-INDONESIA.COM & Raishad Recruiter mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek bagi yang merayakan. Semoga Tahun Baru ini memberikan kesehatan dan Rezeki yang berlimpah. (hendrajaya)




Sumber tulisan :

  1. Modul Perkuliahan : Sejarah Arsitektur , Arsitektur di Indonesia, penyusun : Rahil Muhammad Hasbi, Fakultas Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan, Teknik Arsitektur, Universitas Mercu Buana
  2. Gartiwa, Marcus : Morfologi Bangunan dalam Konteks Kebudayaan
  3. Nesbitt,Kate : Theorizing a new agenda for architecture
  4. Kruft,Hanno-Walter : History of Architectural Theory
  5. Snyder,James C dan Catanese,Anthony J: Pengantar Arsitektur
  6. Sudrajat, Iwan : Membangun Sistem Teori Arsitektur Nusantara
  7. Wahid,Julaihi dan Alamsyah,Bakti : Teori Arsitektur
  8. Venturi, Robert: Complexity and Contradiction In Architecture
  9. Wijaya , Y.B Mangun : Wastu Citra
  10. http://depts.washington.edu
5 years ago