Menikmati Keindahan Arsitektur Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Daerah Istimewa Aceh memang populer dengan julukan negeri Serambi Mekah. Oleh karenanya bagi anda yang ingin berwisata religi bisa menjadikan Aceh ini sebagai salah satu tujuan. Julukan Serambi Mekah ini pun tak datang begitu saja. Julukan ini ada karena Aceh adalah daerah yang menjadi pintu gerbang masuknya Islam ke nusantara ini bahkan di Asia Tenggara.

Jika berjalan jalan ke Aceh, Masjid Raya Baiturrahman adalah destinasi wajib yang harus anda kunjungi. Bagi masyarakat Aceh, Masjid Raya Baiturrahman tidaklah hanya sekedar masjid atau tempat ibadah namun juga sebagai simbol perjuangan masyarakat Aceh.

Arsitekturnya menyerupai bangunan Taj Mahal di India. Kemegahan bangunan Masjid ini pun menjadi daya tarik bagi para wisatawan terutama bagi para wisatawan yang memang mencari nuansa religi. Masjid yang telah dibangun sejak tahun 1612 ini ini pun telah menjadi saksi bisu perjalanan sejarah di Aceh, dari zaman kerajaan hingga bencana tsunami dan gempa 2004 silam.

Di zaman perang kemerdakaan Masjid ini pernah diserang dan dibakar oleh penjajah dari Belanda. Penyerangan ini dilakukan karena memang Masjid ini juga dijadikan sebagai benteng pertahanan oleh para pejuang Aceh sehingga Belanda melakukan penyerangan. Peristiwa pembakaran ini pun memicu kemarahan rakyat Aceh sehingga 4 tahun kemudian pihak Belanda pun membangun kembali Masjid ini.

Saat ini di Masjid Baiturrahman sedang dipugar sehubungan dengan proyek perluasan dan perbaikan infrastuktur. Diperkirakan proyek ini akan menghabiskan waktu sekitar 700 hari. Setelah proyek ini selesai, wajah Masjid Raya Baiturrahman pun akan menjadi lebih indah dan semakin ramah pengunjung terutama bagi yang ingin menambah pengetahuan mengenai Islam.

Bagi anda yang ingin berwisata ke Masjid ini, Masjid ini berada di pusat kota Aceh tepatnya di Jalan Tengku Chik Pante Kulu, Banda Aceh. Untuk menuju kesana anda bisa memanfaatkan angkutan kota (labi – labi), ojek, taksi maupun kendaraan pribadi anda. Jika kebingungan anda bisa memanfaatkan GPS di smartphone anda atau bertanya saja pada penduduk setempat.

(Sumber gambar: disbudpar.acehprov.go.id)

(Sumber gambar: disbudpar.acehprov.go.id)

Jangan lupa untuk selalu berpakaian yang sopan dan menutup aurat jika berada disini. Karena Aceh menganut adat Islam yang mengharuskan kita menutup aurat apalagi kawasan ini merupakan area masjid yang menjadi tempat ibadah bagi kaum muslim. Disini ada juga perpustakaan dimana banyak koleksi buku – buku pengetahuan yang berkaitan dengan Islam sehingga bisa menambah wawasan anda.

Anda juga diizinkan untuk mengambil gambar disini, karena memang arsitekturnya yang indah ini menarik untuk dijadikan objek fotografi.

Kalau anda tertarik untuk berkunjung atau berlibur di Kota Banda Aceh, disini sudah tersedia banyak penginapan dari yang biasa hingga yang berbintang tergantung kebutuhan anda. Bagi yang Muslim anda bisa sekalian beribadah di Masjid Raya Baiturrahman ini sekaligus menikmati keindahan bernuansa  islaminya.

Sumber Tulisan : http://ulinulin.com/

March 29, 2016