LOMBA DESAIN TINGKAT NASIONAL “RUMAH BELAJAR ANAK”

1653682_477745865681669_844752240_nBiro Lomba Desain, Panitia Sepekan Arsitektur 2014 “Archipelago”, Himpunan Mahasiswa Arsitektur Tricaka, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, mempersembahkan Lomba Desain “Rumah Belajar Anak”

LATAR BELAKANG

Indonesia merupakan negara yang mempunyai warisan kekayaan alam dan budaya, salah satu kekayaan alam yang dimiliki Indonesia adalah keberadaan Indonesia sebagai negara kepulauan. Gugusan kepulauan yang terpisahkan (sekaligus tersatukan) oleh laut ini telah banyak menyumbangkan berbagai budaya dan ciri khas dari masing-masing daerah yang memberikan keberagaman budaya bagi Indonesia. Keberagaman budaya ini juga yang telah memberikan kontribusi penting bagi dunia arsitektur Indonesia yang mencerminkan arsitektur Nusantara. Ironisnya, pola hidup masyarakat yang semakin modern dan tanpa bekal pengetahuan budaya yang cukup menyebabkan kebudayaan kini kurang diminati dan mulai memudar, termasuk arsitektur Nusantara sebagai salah satu buah kebudayaan. Namun, kini berbagai persepsi mengenai arsitektur nusantara mulai bermunculan dan penerapannya pun bisa semakin kreatif.
Indonesia selain dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam dan budaya, Indonesia juga kaya akan permasalahan baik dari sektor ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Sektor ekonomi dan pendidikan menjadi salah satu isu yang saat ini sedang hangat dibicarakan, hal ini terbukti dengan kondisi pendidikan di Indonesia yang memprihatinkan.
Penyebaran pendidikan yang kurang merata menyebabkan banyak anak Indonesia belum mendapatkan pendidikan secara layak, bahkan banyak yang tercatat putus sekolah karena kondisi keuangan. Berdasarkan data UNICEF 2013, tercatat 2,3 juta anak usia 7-15 tahun (sekitar 42%) miskin dan putus sekolah. Selain pendidikan formal yang kurang, anak-anak tersebut juga miskin pengetahuan akan budaya karena seperti yang telah dipaparkan, Indonesia kaya akan budaya namun sudah sulit untuk ditemukan.
Melalui rangkaian acara Sepekan Arsitektur 2014 “Archipelago”, Biro Lomba Desain bermaksud mengadakan lomba desain “Rumah Belajar Anak”, dengan mengangkat tema kenusantaraan dalam proses edukasinya, diharapkan dapat menjawab kebutuhan pendidikan bagi anak-anak putus sekolah sekaligus memberikan sumbangsih untuk mengenalkan dan melestarikan kebudayaan nusantara.

Panitia Lomba Desain Sepekan Arsitektur 2014
Sekretariat HIMA TRIÇAKA, Kampus 2
Gedung Thomas Aquinas Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Contact Person:
Nadyaviani Selo Abi :087719091090
Monica Dyah Pramusita : 08976822626
Email: lomdes.sepekan2014@gmail.com

selengkapnya dan TOR dapat dilihat disini…

 

4 years ago