Design Week-IAI Jakarta (Liputan Khusus di Megabuild Indonesia 2014)

pemenang lomba gambar


Design Week: Tempat Kumpul Bareng, Berbagi Ilmu dan Saling Menginspirasi

Design Week kembali hadir di tengah-tengah kita. Design Week merupakan kegiatan rutin Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, diharapkan tidak saja mampu menjadi sarana sosialisasi profesi Arsitek dan IAI Jakarta sebagai organisasi, namun juga sarana membangun jaringan dan sekaligus sebagai ‘melting point’ berbagai stakeholder kota dalam membangun kota Jakarta untuk menjadi kota yang lebih baik.

Design Week 2.1 yang dibuka secara resmi oleh Ketua IAI Jakarta, Stevanus J. Manahampi, IAI diselenggarakan pada tanggal 13-20 April. Rangkaian Design Week diawali dengan Pendidikan Keprofesian yang diselenggarakan di Kemang89 pada 13-15 April 2014 dan dilanjutkan di Jakarta Convention Centre (JCC), berkolaborasi dengan pameran Megabuild Indonesia 2014 yang diorganisir oleh Reed Panorama pada 17 – 20 April 2014. Selain itu ada juga pemutaran film arsitektur yang terbuka bagi umum di Waga Gallery, Kemang, setiap pukul 19.00 WIB pada tanggal 13 – 16 April.

Rangkaian Design Week 2.1 yang berlangsung di JCC akan terdiri dari beragam acara dan aktivitas. Selain ada Forum-Forum rutin seperti Forum Biro yang akan mendiskusikan seputar ruang lingkup pekerjaan arsitek, Forum Tata Ruang, Forum Rebranding Jakarta yang mendiskusikan seputar pembentukan identitas kota Jakarta. Juga diisi kegiatan lain yang tidak melulu berbicara tentang dunia arsitek tetapi membahas hal lain seperti teknologi bangunan hingga permasalahan perkotaan. Misalnya Seminar ‘Psychology of Color’ yang akan dibawakan oleh sponsor Dulux, Workshop Teknologi Bangunan dengan tema ‘Desain Ruang Hijau diatas Bangunan (Green Roof), atau Talkshow tentang Branding Strategi oleh Gambaran Brand Consultant yang membahas bagaimana caranya membangun brand.

Tidak itu saja, Design Week kali ini juga menggandeng beberapa komunitas yang siap berbagi cerita, ide, dan kreativitas mereka. Ada komunitas anyaman yang akan mendemonstrasikan secara langsung cara menganyam dan berbagi ilmu tentang anyaman. Komunitas Indonesia Sketchers akan berbagi kreativitas ide dalam membuat sketsa secara cepat. Begitu juga dengan komunitas Little Museum, Embara,  Karikatur, dan Komunitas Komik yang akan memamerkan hasil karyanya.

Selain itu, Design Week juga menampilkan beberapa pameran hasil karya arsitek, pemutaran film arsitektur yang berjudul Cities on Speed, Objectified, My Architect, dan Urbanized. Juga menggelar Lomba Instagram dengan tema Colour/Shape/Conwood, Lomba Duel Mural dengan tema ‘Jakarta Kontras’ dan lomba menggambar tingkat SD dengan tema ‘Rumah Impianku’.

Design Week merupakan peran nyata IAI Jakarta untuk  mengenalkan lebih dekat Arsitektur kepada masyarakat luas. Salam Arsitektur Indonesia!



6 years ago