Buku Arsitektur : Gramatika Arsitektur Vernakular Suku Atoni Di Kampung Adat Tamkesi Di Pulau Timor

cover Gramat 1

Sinopsis:

Arsitektur tradisional sering direpresentasikan sebagai arsitektur vernakular yang masih memegang nilai-nilai adat dan budaya yang berhubungan dengan identitas lokal. Seperti nilai kepercayaan yang bersifat unik dan dipunyai oleh suatu masyarakat tertentu yang berakar dari tempat tertentu pula. Identitas bangunan arsitektur tradisional ini mempunyai beberapa ciri yang dapat dilihat secara visual. Ciri-ciri ini hampir semuanya dapat ditemukan di beberapa daerah di wilayah nusantara, namun adakalanya beberapa tempat sedikit mempunyai perbedaan. Artinya lokalitas yang berbeda tentunya memiliki ciri arsitektur yang berbeda pula. Perbedaan inilah yang memberikan keunikan tersendiri pada bangunan asitektur vernakular di kampung adat Tamkesi bagian dari Suku Antoni, yang antara lain dapat dilihat dari orientasi, bentuk, dan bahan bangunan serta konsep religi yang melatarbelakanginya.

Bahasan mengenai gramatika arsitektur pada masyarakat Suku Atoni yang diangkat dalam buku ini, adalah bagian dari arsitektur masyarakat adat Tamkesi di Biboki Selatan, wilayah Timor Tengah Utara. Arsitektur vernakular Tamkesi ini memiliki hal-hal yang sangat spesifik yang masih bertahan hingga kini. Dengan perubahan pola permukiman yang cukup relevan dapat dilakukan penelusuran dalam bentuk sebuah kajian, yang pendekatannya dilakukan dengan cara memahami bentuk, makna dan ruang arsitektur vernakular Tamkesi yang hasilnya tentu semakin lebih jelas. Dari penelusuran ini akhirnya didapatkan bahwa konsep bermukim serta tata ruang permukiman venakular Tamkesi mempunyai konsep relasi yang sangat spesifik, yaitu dengan persaudaraan etnik/suku, spiritual, ketaatan tradisi, hubungan antara manusia dengan alam khas Tamkesi.


Spesifik Buku:

Judul Buku     :    Gramatika Arsitektur Vernakular Suku Atoni Di Kampung Adat Tamkesi DI Pulau Timor

Penulis            :    Reginaldo Lake

Prakata            :    Prof. Ir. Antariksa, M.Eng., Ph.D

Penerbit           :    CV. Sunrise, Yogyakarta

ISBN              :    978-602-1062-40-1

Tebal               :    200 hal. (14.8 x 21.0), Berwarna

Cetakan           :    2015

Harga              :    –

*Buku sudah tidak dicetak lagi. jika tertarik dan ingin mendapatkan informasi mengenai buku ini dapat menghubungi kontak pemesananan buku dibawah ini.

Pemesanan buku hubungi       :    via email (egilake@yahoo.com) atau bisa langsung ke penerbit (Nyetakbuku@gmail.com)


June 24, 2015