Jadikan Portal Arsitektur sebagai Media Partner acara Arsitektur. Untuk detail kerjasama silahkan hubungi kami melalui email di alamat portal@arsitektur-indonesia.com atau dengan menghubungi kami melalui telp/sms/whatsapp di nomor : +62 851 0026 5885

Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

ANABATA Live Series #2 : A COUPLE OF ARCHITECTURES

May 28, 2016 @ 1:00 pm - 6:00 pm

IDR250.000

ANABATA bekerja sama dengan Estica International mengadakan Live Series #2 dengan judul A Couple of Architectures. Acara ini akan menghadirkan pembicara-pembicara arsitektur dari luar negeri, yaitu pasangan Joshua Comaroff dan Ong Ker-Shing dari Lekker Architects, Singapura, dan pasangan Florian Idenburg dan Jing Liu dari So-iL, New York.

Pembicara : Joshua Comaroff & Ong Ker-Shing (Lekker
Architects, Singapura)
Florian Idenburg & Jing Liu (So-iL, New York, USA)
Host : Ren Katili
Moderator : Avianti Armand

Harga tiket* :

Rp 250.000,- (profesional)
Rp 200.000,- (mahasiswa)
*BCA 6700350566 a/n. Briantarra Ajibadi.

Pasangan dalam Arsitektur

Arsitektur modern dan desain kontemporer tidak bisa dilepaskan dari pembicaraan mengenai pasangan pasangan yang berpengaruh dalam sejarah perkembangannya . Cerita ini bisa dimulai dari awal abad ke -20 oleh suami istri Charles Rennie Mackintosh dan Margaret MacDonald – salah satu pencetus ‘The Four’, sebuah kelompok berpengaruh di Glasgow School yang merupakan pionir industri Art Nouveau. Charles dan Ray Eames, Aline dan Eero Saarinen, Florence dan Hans Knoll, serta tidak ketinggalan Robert Venturi dan Denise Scott Brown, adalah ‘power couple’ berikutnya yang akan selalu dikenang tidak hanya sebagai individu, tapi juga secara bersamaan menyumbangkan karya dan pemikiran yang berpengaruh. Di abad 21 sekarang banyak pasangan kreatif yang mendominasi percaturan dunia desain dan arsitektur: Billie Tsien dan Tod Williams, Marion Weiss dan Michael Manfredi, Elizabeth Diller dan Ricardo Scofidio, untuk menyebutkan beberapa. Mereka bekerja dan menghasilkan produk yang mencuri perhatian tidak saja karena kualitasnya tapi juga proses yang melahirkannya. Setiap kolaborasi memiliki cara kerja yang berbeda dari yang lain, masing masing menjadi elemen penting dalam pergumulan trend, metode dan estetika dunia desain yang dinamis.

Hubungan kerja yang dinamis antara pasangan profesional dan bagaimana mereka menciptakan harmoni yang berkelindan dalam kesehariannya, selalu menjadi misteri. Karya mereka seperti simbol dari mitos kolaborasi yang jauh lebih dalam – jalinan perasaan dan rasa saling menghargai yang terpancar melalui obyek yang dihasilkan. Siapa yang dapat menghindari daya tarik dari proses kerja yang pada saat bersamaan juga mengandung pesan ‘cinta’? Ceritanya bisa jadi akan sedikit berbeda saat pasangan hidup juga merupakan pasangan kerja. Akan timbul pertanyaan seperti, “Apakah ada ‘dimensi hidup lain’ di luar pekerjaan mereka?”, atau “pekerjaan itulah ‘kehidupan’ mereka?”, atau, “Apakah pekerjaan dan produk yang dihasilkan merupakan kunci kesuksesan karir yang sekaligus juga kunci kesuksesan hubungan?”. Hal ini menjadi menarik ketika kita berbicara pada sebuah kurun zaman dan konteks di mana pekerjaan terkadang membuat orang cenderung terasing bahkan dari dirinya sendiri.

Mari berdiskusi!

Details

Date:
May 28, 2016
Time:
1:00 pm - 6:00 pm
Cost:
IDR250.000
Event Category:
Website:
https://www.facebook.com/events/263564303983433/

Organizer

Anabata
Phone:
089 9931 1170 / 0819 3807 4232
Email:
office.anabata@gmail.com
Website:
http://anabata.com/

Venue

The Soehanna Hall
The Energy 7th FL. SCBD Lot 11 A Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190 Indonesia
+ Google Map
Phone:
+62 21 2995 1400
Website:
http://www.theenergy.co.id/
ATAS